S U M R O C H , I N C .

Loading

Kegelisahan ini muncul bagi pemula atau siswa yang masuk jurusan IT. Yaitu mereka yang heran ketika melihat orang mengetik depan komputer begitu lancarnya dengan bahasa yang dianggap aneh.

Artikel ini berisi tips bagi pemula yang ingin belajar coding/pemrograman dan yang bingung memilih bahasa apa yang harusnya dipelajari.

Langsung mulai!

Banyak pemula yang putus asa ketika belajar pemrograman karena menganggapnya sulit, lalu mereka tidak mau lagi untuk mempelajarinya. Beberapa pemula menunda-nunda waktu untuk memulai belajar karena menganggap ada waktu yang tepat dan guru yang tepat untuk mereka belajar.

Itu adalah mindset yang salah, karena sensasi dan semangat belajar seharusnya memuncak ketika menemukan kegagalan dan rasa penasaran yang tinggi. Dalam kehidupan orang yang mendapatkan masalah, kemudian mempelajari bagaimana cara memecahkan masalah tersebut akan lebih melekat ilmunya dibanding orang yang menghafalkan teori dari awal.

Pilih satu bahasa yang populer

Kegelisahan yang selanjutnya, pemula bingung dari sekian banyak bahasa pemrograman, yang mana yang harus dipilih. Disarankan pilihlah satu bahasa yang populer dan banyak blogger yang menulis tutorial tentang bahasa pemrograman tersebut. Setelah itu, kuasai sampai tingkat menengah atau mahir kemudian mempelajari bahasa pemrograman lainnya akan lebih mudah.

Contoh bahasa pemrograman yang populer di Indonesia adalah PHP, Java, dan Javascript.

Pelajari berdasar kasus dan bertahap

Contohnya pemula yang belajar bahasa PHP, maka pelajarilah kasus-kasus yang ada secara bertahap. Jangan langsung ingin membuat aplikasi yang kompleks seperti sistem informasi dll.

Fokus terhadap satu topik

Perkembangan teknologi sangatlah cepat, kadang membuat pemula minder dengan orang sekitar karena menguasai teknologi terbaru. Disarankan tetap fokus terhadap satu topik (contoh PHP) untuk dipelajari. Akan ada waktunya belajar teknologi baru menjadi lebih cepat setelah menguasai dasar.

Buat project sederhana

Setelah menguasai dasar pemrograman, maka buatlah project atau program sederhana. Minimal, setelah mempelajari dasar bisa membuat aplikasi yang bisa menambah data (create), melihat data (read), mengubah data (update), dan menghapus data (delete), atau disingkat CRUD. CRUD adalah jantung dari seluruh aplikasi yang ada sekarang.

No Comments